RINGKASAN DAN PERNYATAAN PEMAHAMAN PRODUK PEMBIAYAAN
(UMUM)

Nama Penerbit

:

PT Mega Finance

Jenis Produk

:

Pembiayaan Konsumen

Nama Produk

:

All Product

Deskripsi Produk

:

Fitur Utama Pembiayaan

Pokok Pembiayaan

:

Sesuai Pokok Pembiayaan

Total yang dibayar

:

Jangka Waktu Pembiayaan x Angsuran

Jangka Waktu Pembiayaan

:

Sesuai tenor

Tujuan Pembiayaan

:

(Konsumtif/Modal Usaha)

Angsuran

:

Sesuai permohonan kewajiban dan tenor

Asuransi

:

Kerugian

Manfaat

Risiko

  1. Memberi solusi untuk kebutuhan dana Anda baik produktif maupun konsumtif.
  2. Proses cepat dan mudah.
  3. Dengan memperoleh fasilitas Pembiayaan, Anda dapat memiliki motor impan Anda, dengan melakukan pembayaran angsuran sesuai kemampuan.
  1. Risiko tidak dapat memiliki kendaraan apabila Konsumen tidak melunasi angsurannya.
  2. Risiko tambahan biaya yang muncul apabila terjadi wanprestasi (biaya denda, biaya eksekusi jaminan, dan lainnya).
  3. Risiko eksekusi jaminan yang terjadi dengan kondisi sebagai berikut:
    ·    Anda lalai dalam melakukan pembayaran angsuran sesuai perjanjian/akad.
    ·    Anda melakukan pengalihan obyek pembiayaan tanpa sepengetahuan Perusahaan.
  4. Risiko reputasi berupa tercatatnya riwayat Pembiayaan pada Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) ketika Anda menunggak pembayaran.

Biaya

Biaya Pengajuan Pembiayaan

Biaya yang timbul incidental

1.  Biaya Administrasi

:

Dapat disesuaikan sewaktu-waktu

1. Biaya Tagih

:

Rp. 15.000,- (Motor) Rp. 50.000,- (Mobil)

2.  Biaya Provisi/Komisi

:

Dapat disesuaikan sewaktu-waktu

2. Surat Keterangan STNK

:

Rp. 15.000,- (Motor) Rp. 25.000,- (Mobil)

3.  Biaya Asuransi

:

Premi sesuai tagihan dari asuransi rekanan

3. Sanksi Keterlambatan

:

0,5 % per hari keterlambatan dari besarnya angsuran dari total hari keterlambatan/ Rp5000 per bulan.

 

4. Biaya Admin Angsuran

:

Tarif menyesuaikan metode dan mitra pembayaran

5. Penyimpanan BPKB

:

Rp.   1.500,- per-hari

Persyaratan Dokumen

Anda harus melengkapi persyaratan dokumen berupa:
FC KTP (minimal berusia 21 Tahun)/sudah menikah, Kartu Keluarga, Slip Gaji, PBB, Rek. Listrik, Air.

Simulasi

Simulasi Fasilitas Pembiayaan

Simulasi Fasilitas Pembiayaan akan diperhitungkan dengan mempertimbangkan barang dan struktur pembiayaan yang akan dilampirkan dalam lampiran RIPLAY Personal.

Contoh Simulasi Denda

  • Pembayaran denda sebesar 0,5 % per hari keterlambatan dari besarnya angsuran dari total hari keterlambatan/Rp5000 per bulan.
  • Pembayaran biaya tagih apabila dilakukan kunjungan saat penagihan kepada Penerima Fasilitas,  sebesar
    Rp. 15.000,- (Motor),  Rp. 50.000,- (Mobil)
    Rp. 15.000,- (Motor),  Rp. 25.000,- (Mobil)
    per-kuitansi dan wajib dibayarkan pada saat pembayaran angsuran tersebut

Lain - Lain

Tata Cara Pengambilan BPKB

  • BPKB dapat diambil di kantor PT Mega Finance dengan syarat seluruh kewajiban Penerima Fasilitas sudah lunas, termasuk pembayaran: pokok, bunga, denda dan biaya lainnya apabila ada.
  • BPKB yang belum diambil lebih dari 30 hari sejak angsuran terakhir/pelunasan akan dikenakan biaya penyimpanan sebesar Rp1.500,-(seribu lima ratus rupiah) per-hari.
  • Pengambilan BPKB dilampiri dengan asli KTP Penerima Fasilitas, dan apabila diwakili wajib menyertakan surat kuasa bermaterai dan dilampiri asli KTP Penerima Kuasa dan asli KTP Penerima Fasilitas.
  • Apabila data KTP berbeda dengan KTP saat awal pengajuan, maka wajib membawa Asli Surat Keterangan dari RT/RW setempat dan atau dokumen lain pendukung sebagai bukti verifikasi.

Persyaratan dan Tata Cara Klaim Asuransi

  • Laporan dari Kantor Kepolisian setempat (jika terjadi kehilangan/kecelakaan kerusakan berat).
  • Form klaim asli lengkap, apabila tertanggung dan korban beda nama maka melampirkan KK jika masih dalam satu KK dan surat pernyataan apabila beda KK.
  • No Telpon Aktif, Foto Copy KTP dan SIM Pengemudi Kendaraan, Surat Tanda Penerimaan Laporan (STPL).
  • Identitas tertanggung dan pelapor/pengendara/korban seperti KTP/SIM/Paspor.
  • STNK asli (jika STNK asli ditahan sebagai alat bukti oleh kepolisian, maka wajib melampirkan bukti sita).
  • Kunci kontak kendaraan (jika kunci kendaraan hilang maka wajib membuat surat pernyataan kehilangan dengan menyertakan tanggal hilang dan tandatangan Konsumen).
  • Surat Blokir STNK Kendaraan dari Kepolisian (jika menggunakan kuasa pengurusan blokir dikenakan biaya tambahan sebesar Rp500.000,-(lima ratus ribu rupiah) yang akan dipotong dari pencairan.
  • Surat Subrogasi (surat pelepasan tanggungan terhadap pihak ketiga kepada pihak asuransi).
  • FC BPKB dan Faktur. Jika BPKB masih dalam proses maka melampirkan surat keterangan dari Dealer.
  • 3 lembar kuitansi yang di tandatangan Konsumen (satu kuitansi bermaterai).
  • Surat Kepolisian (Kaditserse) kepada perusahaan Asuransi.
  • Pengajuan klaim 2×24 jam dari kejadiannya kerugian.

Informasi Tambahan

  1. Perusahaan Pembiayaan akan memberikan salinan Perjanjian/Akad Pembiayaan dan Ringkasan Informasi Produk dan Layanan (RIPLAY) kepada Konsumen melalui media elektronik (SMS/WA).
  2. Perusahaan Pembiayaan wajib untuk menginformasikan segala perubahan atas manfaat, biaya, risiko, syarat dan ketentuan Produk dan Layanan ini melalui surat atau melalui cara-cara lainnya sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.
  3. Anda akan menerima penawaran produk lain dari Perusahaan apabila menyetujui untuk mendapatkan informasi Produk lain.

Disclaimer (penting untuk dibaca)

  1. Perusahaan dapat menolak permohonan Anda apabila tidak memenuhi persyaratan dan peraturan yang berlaku.
  2. Ringkasan Informasi Produk dan Layanan bukan merupakan jaminan bahwa fasilitas pembiayaan akan disetujui.
  3. Anda harus membaca dengan teliti Ringkasan Informasi Produk dan Layanan (RIPLAY) ini dan berhak bertanya kepada pegawai perusahaan terkait Ringkasan Informasi Produk dan Layanan ini.

Pertanyaan dan Pengaduan

Customer Care

Hotline

:

:

halomega@megafinance.co.id

(021) 22777999