Frequently Asked Question

Icon Frequently Asked Question

Frequently Asked Question

        Q: Apakah Surat Kepada CEO (SKC) itu?

A: SKC merupakan sarana bagi seluruh jajaran Mega Finance dan stakeholders lainnya untuk melaporkan adanya indikasi atau tindakan fraud yang terjadi di lingkungan kerja.

 

Q: Mengapa saya harus melaporkan fraud / indikasi fraud?

A: Untuk membantu menciptakan Mega Finance sebagai lingkungan kerja yang jujur, adil dan aman untuk berkerja. Dengan melaporkan perbuatan tidak etis, Anda telah membantu kami mencegah Mega Finance, konsumen, pegawai, dan pihak lainnya mengalami kerugian.

 

        Q: Bagaimana cara saya melaporkan?

A: SKC menyediakan sarana pelaporan sebagai berikut:

Email: wbs@megafinance.co.id

 

        Q: Apa yang harus saya laporkan?

A: Anda dapat melaporkan berbagai jenis indikasi atau tindakan fraud meliputi korupsi, penipuan, pencurian, penggelapan, dan pemalsuan, serta tindakan non fraud yang meliputi pelanggaran terhadap ketentuan internal dan eksternal serta code of conduct yang terjadi dalam lingkungan Mega Finance dan/atau menggunakan sarana Mega Finance yang dilakukan oleh dan/atau melibatkan pegawai internal Mega Finance.

 

        Q: Apa yang harus saya beritahukan saat melapor?

A: Agar informasi yang disampaikan dapat ditindaklanjuti dengan baik, Anda dapat memberikan keterangan sebagai berikut:

            1. Jenis laporan  

            2. Identitas terlapor (nama lengkap, jabatan, unit kerja)

            3. Tanggal, waktu dan lokasi kejadian

            4. Bagaimana perbuatan tersebut dilakukan

            5. Lampirkan bukti, jika ada termasuk di dalamnya jumlah uang atau aset yang terlibat

 

        Q: Apakah akan ada proses penyelidikan setelah laporan dibuat?

A: Proses penyelidikan akan dilangsungkan tergantung pada beberapa hal seperti kelengkapan informasi laporan, ketepatan penyampaian laporan indikasi atau tindakan fraud dan kebijakan Mega Finance.

 

Q: Apakah saya akan terlibat dalam kasus setelah saya membuat laporan?

A: Setelah Anda melapor, Anda tidak akan terlibat lagi dalam kasus ini. Meskipun begitu, jika Anda memiliki informasi tambahan atau bukti baru, Anda dapat menambahkannya pada laporan Anda yang sebelumnya. Anda bisa membuat “follow-up call”.

 

Q: Apakah saya akan mendapat imbalan atau penghargaan setiap membuat laporan?

A: Tidak ada imbalan atau penghargaan yang akan diberikan saat Anda membuat laporan SKC. Tetapi hal ini menunjukkan kontribusi Anda yang besar terhadap Mega Finance dan mendorong terlaksananya Tata Kelola Perusahaan yang baik.

 

Q: Berapa kali saya boleh melapor melalui SKC?

A: Anda boleh melaporkan melalui SKC setiap kali Anda merasakan adanya indikasi atau tindakan fraud dan non fraud yang perlu dilaporkan.

 

Q: Pelanggaran apa saja yang boleh dilaporkan?

A: Anda dapat melaporkan berbagai pelanggaran yang dilakukan oleh pegawai Mega Finance seperti antara lain korupsi, penipuan, pencurian, penggelapan, pemalsuan dan pelanggaran ketentuan eksternal dan internal maupun code of conduct.

 

Q: Pihak-pihak siapa saja yang boleh melaporkan?

A: Pihak-pihak yang boleh melaporkan atas adanya pelaporan dapat berasal dari internal Mega Finance maupun dari pihak eksternal Mega Finance.

 

Q: Apakah terdapat jaminan kerahasiaan bagi pelapor?

A: Sebagai wujud komitmen Mega Finance untuk menjaga kerahasiaan data pelaporan, maka Mega Finance memberikan jaminan atas kerahasiaan identitas pelapor dan jaminan atas kerahasiaan isi laporan yang disampaikan oleh pelapor.

 

Q: Apakah saya boleh untuk tidak menyampaikan identitas pribadi?

A: Kami menganjurkan untuk memberikan identitas diri yang mencakup antara lain nama, alamat, nomor telepon dan email. Namun demikian, kami memberikan pilihan kepada Bapak/Ibu apakah memilih untuk mengungkapkan identitas diri atau tidak. Data identitas yang disampaikan dimaksud semata-mata untuk keperluan pendalaman laporan (jika diperlukan).

 

 

 

 

 

 


MEGA FINANCE TERDAFTAR DAN DIAWASI OLEH OTORITAS JASA KEUANGAN
Copyright 2017. Mega Finance. All Rights Reserved